Selasa, 19 April 2022

15 Aplikasi Belajar Online Bikin Belajarmu Makin Maksimal

Sejak pandemi, pelajar diharuskan untuk belajar online dari rumah guna meminimalisir penularan virus covid. Namun ternyata sistem belajar online yang durasinya terbatas, tidak terlalu efektif untuk menjadikan para siswa mengerti materi yang diterangkan oleh guru. Oleh karena itu, pelajar harus mencari alternatif lain untuk lebih memahami pelajarannya dengan ikut bimbel online.

Apalagi bila menjelang ujian, banyak pelajar yang kebingungan untuk menjawab soal ujian karena tidak paham materi pembelajarannya, terlebih untuk pelajar yang sedang mempersiapkan ujian masuk ke perguruan tinggi. Bimbel online sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki para pelajar.

Nah, di Indonesia ada bimbel online yang bisa dijadikan media belajar tanpa perlu keluar rumah. Berikut ini Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia:

Aplikasi Belajar Online Mempermudah Proses Belajarmu

Dalam artikel ini, akan direkomendasikan 15 aplikasi terbaik untuk mendukung pembelajaran. Berikut ini daftarnya:

1. RUMAH BELAJAR

Rumah Belajar adalah inovasi pembelajaran yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan. Rumah Belajar dibuat untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring selama masa pandemi. Layanan belajar daring ini bisa digunakan secara gratis untuk siswa mulai dari PAUD sampai tingkat SMA.

Ada berbagai macam fitur yang disediakan oleh portal ini, yaitu kelas maya, bank soal, sumber belajar, bank soal, peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Materi pembelajaran di dalam aplikasi ini tersedia dalam bentuk audio visual yang dibuat interaktif.  Portal rumah belajar dapat diakses melalui situs https://belajar.kemdikbud.go.id.

2. RUANGGURU

Ruangguru menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ruang guru ini sudah seperti sekolah, tetapi dalam bentuk aplikasi daring.

Para pengguna bisa belajar berbagai macam materi pelajaran. Ruangguru juga menyediakan berbagai macam fitur yang nyaris sama seperti sekolah, yaitu pembelajaran video, latihan soal, les, serta tryout.

Materi pelajaran yang disediakan oleh Ruangguru ini diperuntukan pagi siswa tingkat SD sampai SMA. Salah satu pembelajaran yang paling diunggulkan dari aplikasi ini adalah video belajar bersama tutor.

Kemudian ada pula fitur Rangkuman Modul Bimbel yang bisa dijadikan bahan belajar melalui smartphone.

Selain itu ada juga fitur catatan yang bisa membagikan catatan pelajaran dari berbagai pengguna di seluruh Indonesia.

3. KELAS PINTAR

Kelas pintar adalah aplikasi bimbingan belajar untuk siswa jenjang SD, SMP, dan SMA. Seperti platform lainnya metode yang digunakan oleh aplikasi ini adalah dengan audio visual interaktif yang memudahkan pembelajaran.

Aplikasi ini memiliki tiga metode pembelajaran yang diunggulkan, yaitu, Learn, Practice, dan Test.

Pada tahapan learn, siswa akan diberikan pembelajaran mengenai materi pelajaran dengan menggunakan audiovisual dan e-book.

Kemudian Practice digunakan untuk memberikan latihan soal bagi siswa untuk menguatkan materi yang telah dipaparkan melalui tahap learn.

Sedangkan tahap tes adalah menjadi bahan untuk mengevaluasi mengenai pemahaman materi dari siswa.

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh orang tua siswa untuk memantau anaknya ketika sedang belajar.

4. KHAN ACADEMY

Khan Academy merupakan platform pendidikan yang menyediakan fitur-fitur seperti video instruksional, dashboard pembelajaran personal, dan juga memberikan soal-soal latihan. Melalui Khan Academy, kalian bisa belajar materi soal pemrograman komputer, sains, sejarah, seni, ekonomi.

Setelah melalui website saja, Khan Academy saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis android. Metode pengajaran yang digunakan oleh Khan Academy juga dengan audiovisual. Selain untuk siswa, platform ini juga memiliki fitur yang bisa dipakai oleh orang tua dan guru.

5. DUOLINGO

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar yang terkenal di dunia. Duolingo merupakan aplikasi gratis yang berbasis android dan iOS.

Duolingo ini adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang paling banyak diunduh di dunia. Secara sederhana ini adalah aplikasi untuk belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Di dalam aplikasi ini, kita bisa mengembangkan perbendaharaan kata-kata dari bahasa asing dengan fitur-fitur yang disediakan. Selain pembelajaran, aplikasi ini juga memiliki fasilitas forum sesuai dengan bahasa asing yang diminati.

6. PHOTOMATH

Photomath merupakan aplikasi yang mengembangkan teknologi kamera dan kalkulator. Aplikasi ini menjadi solusi ketika mendapatkan masalah terkait dengan matematika.

Dengan Photomath, kalian hanya tinggal mengarahkan kamera ke sebuah rumus matematika, kemudian aplikasi ini akan berupaya untuk menyelesaikan soal tersebut.

Namun, yang perlu menjadi catatan adalah aplikasi ini masih belum mendukung pengerjaan soal dalam bentuk soal cerita.

Tetapi masalah itu bisa diakali dengan mengubah soal cerita tersebut ke dalam sebuah rumus supaya bisa terbaca oleh algoritma dari Photomath. Soal-soal yang bisa diselesaikan oleh aplikasi ini seperti aljabar, aritmatika, integral, logaritma, sampai trigonometri.

7. QUIPPER

Quipper merupakan salah satu aplikasi layanan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran dengan konten-konten audiovisual.

Quipper menyediakan berbagai jenis latihan soal yang sesuai dengan kurikulum nasional. Aplikasi ini juga menyediakan pelajaran untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional di tingkat SMP dan SMA, menghadapi SBMPTN, dan ujian lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan pembimbing melalui fitur Quipper Video Masterclass dan juga bisa mengerjakan tugas dari guru melalui fitur Quipper School.

8. BEELINGUAPP

Beelinguapp bisa dibilang menjadi aplikasi pesaing dari Duolingo. Aplikasi Beelinguapp juga menawarkan pengajaran bahasa asing. Namun yang membedakan aplikasi ini adalah menggunakan metode buku audio yang memungkinkan kita untuk belajar sembari melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan memilih bahasa dan cerita apa yang ingin kita dengarkan, Setelah itu kita hanya tinggal menyimak cerita yang dibacakan oleh seorang narator. Tersedia berbagai buku terkemuka yang bisa kita dengarkan melalui aplikasi Beelinguapp.

Bahasa-bahasa yang bisa dipelajari lewat aplikasi ini adalah Inggris, Jerman, Spanyol, Portugis, Prancis, Korea, Rusia, China, Arab, Italia, Jepang, dan lain sebagainnya.

Selain mendengarkan aplikasi ini juga bisa menunjukkan cara mengucapkan dengan benar.  Namun, aplikasi pembelajaran bahasa ini tidak gratis alias berbayar.

9. SOCRATIC

Aplikasi Socratic secara sederhana merupakan aplikasi bimbingan belajar. Aplikasi ini diibaratkan sebagai guru les dalam bentuk aplikasi.

Aplikasi ini akan memberikan jawaban-jawaban terkait soal yang ingin diajukan. Caranya adalah dengan memfoto soal yang ingin dikerjakan dan kemudian jawaban akan muncul dengan sendiri.

Materi-materi yang bisa dipelajari dari aplikasi ini mulai dari kimia, fisika, matematika, sejarah, dan yang lainnya.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa membaca tulisan tangan, tetapi dengan catatan tulisan itu bisa terbaca.

10. WHITE NOISE

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya, aplikasi ini sebenarnya bertujuan untuk membuat kita lebih fokus ketika mengerjakan suatu hal, salah satunya adalah belajar.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memainkan suara-suara alam seperti suara hujan, burung, air terjun, dan yang lainnya supaya membuat kita lebih tenang dan konsentrasi dalam belajar.

11. HELLOTALK

Hellotalk juga menjadi salah satu aplikasi pembelajaran bahasa asing. Hellotalk ini merupakan aplikasi berbasis android dan iOS.

Ada berbagai macam bahasa yang bisa dipelajari dengan menggunakan aplikasi ini, salah satunya tentunya adalah Bahasa Inggris.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan cara mengobrol langsung dengan orang-orang asing.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah mengkonversi suara ke teks dan sebaliknya. Kemudian suara atau teks itu bisa diterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengoreksi kesalahan pengejaan kata bahasa asing.

12. QUIZLET

Aplikasi Quizlet mungkin akan disenangi oleh kalangan anak-anak, sebab aplikasi ini merupakan aplikasi belajar berbasis game. Dengan demikian, pembelajaran tidak akan terasa seperti sedang belajar formal, tetapi lebih menyenangkan.

Aplikasi ini pada dasarnya digunakan untuk mempelajari kosakata-kosakata yang dilengkapi dengan gambar.

13. NOTEBLOC

Aplikasi Notebloc pada dasarnya dipakai untuk menyalin catatan. Artinya, aplikasi ini memungkinkan bagi pengguna untuk menghemat waktu dalam menyalin catatan belajar dari seorang teman, guru, maupun dosen.

Cara kerja dari aplikasi ini mirip dengan scanner yang memindai suatu dokumen.

Setelah catatan tersalin, pengguna bisa mengatur kualitas dari foto yang diambil dan kemudian bisa dikonversi menjadi file gambar atau pdf.

Aplikasi ini juga akan merekomendasikan sudut terbaik ketika menyalin gambar dari catatan.

14. QUICK MATS

Aplikasi Quick Mats mungkin bisa menjadi jawaban bagi para siswa yang tidak suka dengan mata pelajaran matematika. Sebab, aplikasi ini menyajikan pembelajaran matematika dengan cara yang lebih menyenangkan.

Quick Mats mengemas pembelajaran matematika dengan aktivitas-aktivitas nonformal sehingga memungkinkan para pengguna agar tidak bosan.

15. EDUTORE

Edutore adalah aplikasi belajar yang dibuat oleh toko buku terkemuka di Indonesia, Gramedia. Edutore menyediakan buku-buku latihan soal yang ada di Gramedia yang bisa diakses secara daring.

Namun, untuk bisa mengakses buku-buku tersebut pengguna harus berlangganan terlebih dahulu.

Demikianlah pemaparan mengenai rekomendasi aplikasi-aplikasi belajar yang bisa mendukung prestasi akademik.

Layanan-layanan pembelajaran seperti yang telah dijelaskan di atas juga bisa kalian temui di Sampoerna Academy. Dengan filosofi yang memotivasi siswa untuk bertanya, bereksplorasi, berinovasi dan berkomunikasi, serta memberikan keterampilan penting yang dibutuhkan untuk kepemimpinan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

16. HELLO CHINESE

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk mempelajari Bahasa China atau Mandarin. Aplikasi ini cocok bagi kalian yang ingin belajar lebih lanjut bahasa mandarin dengan cara yang lebih fleksibel.

Hello Chinese ini akan memberikan pembelajaran bahasa mandarin dengan tingkatan-tingkatan tertentu.

Di dalam aplikasi ini pembelajaran bahasa mandarin yang akan diberikan seperti mempelajari warna, makanan, waktu, angka, pertanyaan, dan yang lainnya.

Aplikasi ini disusun dengan berdasarkan kurikulum Kursus Pinyin. Pengguna aplikasi ini juga bisa memberikan pelajaran untuk menulis huruf mandarin.

Referensi

Kompasiana.com – Aplikasi Edu Belajar

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

Posting Komentar