Minggu, 21 November 2021

Tugas Senin 22 November 2021

                                                                      Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi

Apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan  yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

ucapkan salam terlebih dahulu apa kalian whatsapp ke guru kalian dan orang yang lebih tua

TEMA 5 EKOSISTEM

KOMPETENSI DASAR 

PPKn

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya

3.4 Menggall manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.

IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagal negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi 
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagainegara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

BAHAS INDONESIA

37 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. 
47 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

IPA

3.5 Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.

SBdP

3.2 Memahami tangga nada.

3.3 Memahami properti tari daerah.

4.2 Menyanyikan

4.3 lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik Meragakan penggunaan properti tari daerah.

TUGAS 1 

Pembelajaran 2

IPA (KD 3.5 dan 4.5)

Eksplorasi Materi

contoh rantai makanan

Aliran Energi dan Siklus Nutrien dalam Rantai Makanan Dalam rantai makanan terjadi aliran energi. Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, konsumen, sampai ke pengurai di dalam tanah. Saat proses memakan, makhluk hidup mendapatkan energi untuk. kelangsungan hidupnya. Energi tersebut kemudian akan berpindah saat makhluk hidup dimakan oleh makhluk hidup lainnya. Namun, ada sebagian energi yang dilepaskan ke lingkungan. Jika makhluk hidup mati, energi akan berpindah ke pengurai melalui proses penguraian makhluk hidup yang mati. Pengurai kemudian akan melepaskan energi panas ke lingkungan.

Dalam rantai makanan juga terjadi siklus nutrien. Adapun nutrien atau hara adalah unsur atau senyawa kimia yang digunakan oleh makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan. Nutrien berpindah dari produsen ke konsumen lalu ke pengurai. Saat produsen mati, tubuhnya akan diurai oleh makhluk hidup pengurai menjadi nutrien dalam tanah. Nutrien tersebut lalu kembali digunakan oleh produsen untuk pertumbuhannya. Coba, perhatikan diagram aliran energi dan siklus nutrien berikut ini dengan saksama!

TUGAS 3

  • Halaman 278
  • IPA (KD 4.5) 
Membuat Rantai Makanan dan Aliran Energinya 
  1. Bentuklah kelompok dengan teman yang rumahnya berdektan tidak terlalu jauh. untuk kelompok bebas silahkan memilih kelompok maksimal satu kelompok 2 anak dan 1 keompok 3 anak
  2. Buatlah sebuah rantai makanan yang ada di sebuah ekosistem, baik dalam ekosistem laut maupun ekosistem darat.
  3. Tentukan nama-nama makhluk hidup beserta perannya di dalam rantai makanan tersebut. 
  4. Carilah gambar makhluk hidup tersebut di buku, majalah, atau internet. Kemudian, cetak dan guntinglah gambar tersebut.
  5. Tempelkan di kertas karton sesuai skema rantai makanan yang telah kamu buat. 
  6. Tuliskan peran tiap-tiap makhluk hidup tersebut. Diskusikan tentang aliran energi yang dapat terjadi di dalam rantai makanan tersebut.
  7. dikumpulkan hari rabu tanggal 24 November 2021
Bila ada pertanyaan silahkan ditanyaka via whatsap grup terimaksih

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi kalian belajar dirumah hari ini mari kita akhiri kegiatan belajar dirumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar terimakasih dan sampai jumpa

Selalu semangat dan jangan pernah lelah untuk terus menimba ilmu meski saat ini kita masih dalam situasi pandemi. Semoga kita semua selalu diberikan keberkahan dan kesehatan dari Allah SWT. Amin!

                                                       Wassalamualaikum wr.wb

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

Posting Komentar