Minggu, 21 November 2021

Tugas Selasa 23 November 2021

                                                                       Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi

Apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan  yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

ucapkan salam terlebih dahulu apa kalian whatsapp ke guru kalian dan orang yang lebih tua

TEMA 5 EKOSISTEM

KOMPETENSI DASAR 

PPKn

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya

3.4 Menggall manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.

IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagal negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi 
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagainegara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

BAHAS INDONESIA

37 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. 
47 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

IPA

3.5 Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.

SBdP

3.2 Memahami tangga nada.

3.3 Memahami properti tari daerah.

4.2 Menyanyikan

4.3 lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik Meragakan penggunaan properti tari daerah.


KEGIATAN EKONOMI BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM

IPS (KD 3.1 dan 4.1)

Negara Indonesia terdin dan kenampakan alam yang beraneka ragam Keanekaragaman kenampakan alam tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda sesuai dengan potensi alamnya. Jadi kenampakan alam memengaruh kegiatan ekonomi masyarakat sete Kegiatan ekonomi in ada yang dibudidayakan karena ada kebiasaan yang turun-temurun. Ada pula yang dibudidayakan karena pengaruh sumber daya alam. Contohnya kegiatan ekonomi yang sudah ada turun-temurun, seperti sem kayu ukir Jepara, batik dan Surakarta dan klopen dar Tasikmalay Kegiatan ekonomi berdasarkan potens lain di beberapa daerah sebagai berikut.

1. Potensi di Dataran Tinggi

Masyarakat di daerah dataran tinggi selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bertani, ada juga yang memanfaatkan potensi lain yang tersimpan di daerahnya. Potensi lain tersebut salah satunja adalah daerah wisata. Sebagian masyarakat bekerja sebagai pemandu wisata berualan di tempat wisata, dan membuka penginapan.

2. Potensi di Dataran Rendah

Dataran rendah banyak dipakai untuk permukiman penduduk. Masyarakat yang berada di daerah ini sangat beraneka ragam. Mereka terbagi pada wilayah pedesaan dan perkotaan. Masyarakat di pedesaan selain melakukan kegiatan ekonomi dengan bercocok tanam, ada juga yang bekerja di pabrik, berjualan, dan sebagai perajin. Masyarakat di perkotaan sebagian besar bermata pencaharian di bidang industri. Masyarakat di perkotaan biasanya tidak mempunyai tanah yang cukup luas sehingga jarang yang melakukan kegiatan bercocok tanam. Sebagian lagi masyarakat perkotaan menjadi pegawai pemerintahan dan pegawal swasta.

3. Potensi di Daerah Pantai

Daerah pantai banyak dihuni oleh para nelayan. Sebagian besar masyarakat di daerah ini memanfaatkan keadaan alam, seperti laut dan pantai untuk kegiatan ekonomi. Para nelayan mencari aneka hasil laut, seperti rumput laut, kerang, dan ikan laut untuk dijual ke pelanggan ikan. Selain itu, ada penduduk yang melakukan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan daerah wisata pantai. Kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan daerah wisata pantai itu, di antaranya dengan menjual suvenir, membuka restoran dan penginapan, serta menyediakan jasa transportasi.

4. Potensi di Daerah Padang Rumput

Daerah padang rumput merupakan daerah yang sangat subur ditanami rumput. Namun, daerah ini tidak cocok untuk ditanami tanaman jenis lain. Daerah semacam ini bisa dimanfaatkan untuk beternak sapi, kambing, atau kuda. Hasil peternakan, seperti daging, susu, dan kulit, dapat menunjang usaha di bidang industri.
Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa sumber daya alam apa pun bentuknya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dimaksud adalah berupa pengolahan sumber daya alam untuk menunjang kelangsungan hidup manusia. Untuk itu diperlukan tenaga terampil agar sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara maksimal.

TUGAS 1

  • Halaman 281
  •  IPS (KD 4.1)
Identifikasi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Kenampakan Alam 

  1. Amatilah kenampakan alam di sekitarmu yang memengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat sekitar.
  2. Identifikasi mengenai kegiatan ekonomi yang sesuai dengan kenampakan alam di sekitarmu Tuliskan hasil laporanmu di dalam buku tugas dengan rapi. Tambahkan foto mengenal kegiatan ekonomi atau kenampakan alam agar lebih menarik.
  3. Kumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai!
Kalo sudah mengerjakan tugas silahkan kalian bisa upload TUGASMU dengan Klik Tulisan TUGAS

Bila ada pertanyaan silahkan ditanyaka via whatsap grup terimaksih

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi kalian belajar dirumah hari ini mari kita akhiri kegiatan belajar dirumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar terimakasih dan sampai jumpa

Selalu semangat dan jangan pernah lelah untuk terus menimba ilmu meski saat ini kita masih dalam situasi pandemi. Semoga kita semua selalu diberikan keberkahan dan kesehatan dari Allah SWT. Amin!

                                                       Wassalamualaikum wr.wb

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

Posting Komentar