Kamis, 11 November 2021

Tugas Jumat 12 Oktober 2021

                          Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi

Apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan  yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta. Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

ucapkan salam terlebih dahulu apa kalian whatsapp ke guru kalian dan orang yang lebih tua

SINAU AKSARA JAWA

Aksara Jawa

Dalam aksara Jawa atau kita baca dengan Hanacaraka ada beberapa tata tulis dalam bahasa jawa, adapun unsur-unsur dan berbagai aturan lainnya. Dengan memberikan penjelasan masing masing daftar huruf dan juga aturan tersebut maka akan memudahkan kalian untuk semakin memahami cara penulisannya sebelum kalian menginjak ke prakteknya. Baiklah, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang dasarnya terlebih dahulu.

Aksara Carakan yaitu aksara paling dasar. Bisa dilihat dari namanya saja carakan, berarti aksara ini bisa dipakai untuk menuliskan kata-kata. Tiap dari aksara carakan yang ini mempunyai bentuk pasangannya. Adapun aksara pasangan yang dipakai untuk mematikan (menghilangkan vokal) aksara sebelumnya.

Agar kalian lebih mudah memahaminya, saya akan menjelaskan aturan pasangan aksara carakan beserta dengan aturan pengucapannya. Aksara ini terdiri dari beberapa huruf yang kita kenal sekarang yaitu hanacaraka sampai dengan seterusnya.

Pasangan Naskah Jawa


Adapun aksara jawa dan pasangannya akan dijelaskan sebagaimana berikut dibawah ini. Bisa dilihat dari gambar diatas tersebut, berarti itu adalah simbol dari aturan pasangan. Pasangan adalah bentuk yang khusus dari aksara jawa untuk mematikan atau menghilangkan vokal dari aksara jawa sebelumnya. Aksara jawa pasangan bisa dipakai untuk menuliskan suku kata yang tidak terdapat vokal.

Setelah membaca dan memahami tentang tulisan jawa sekarang kalian coba mengerjakan soal soal dibawah ini yah.

TUGAS 




Kalo sudah mengerjakan tugas silahkan kalian bisa upload TUGASMU dengan Klik Tulisan TUGAS

    Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi kalian belajar dirumah hari ini mari kita akhiri kegiatan belajar dirumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar terimakasih dan sampai jumpa

    Selalu semangat dan jangan pernah lelah untuk terus menimba ilmu meski saat ini kita masih dalam situasi pandemi. Semoga kita semua selalu diberikan keberkahan dan kesehatan dari Allah SWT. Amin!

                     Wassalamualaikum wr.wb

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

Posting Komentar