Sabtu, 20 November 2021

PENGEMBANGAN KURIKULUM

Kurikulum 2013 berorientasi pada penguatan karakter peserta didik sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menginternalisasikan untuk nilai-nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu nasionalisme, religiositas,gotong-royang , kemandirian dan integritas dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

Untuk membangun sebuah generasi emas Indonesia, maka diperperlukan dan  dipersiapkan peserta didik yang memiliki sebuah keterampilan di Abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis dan juga memecahkan masalah (critical thinking and problem solving skills), untuk keterampilan bekerjasama (collaboration skills), kemampuan untuk berkreativitas (creativities skills), dan juga kemampuan untuk berkomunikasi (commnication skills).

Berdasarkan Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan juga Kurikulum 2013 serta dengan sudah diberlakukannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan juga Menengah Kemendikbud  Nomor : 374/Kep/D/Kr/2016 tentang Perubahan Atas Keputusan  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 305/Kep/D/Kr/2016 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013, maka SD Negeri 4 Cirahab Kecamatan Lumbir Kabupaben Banyumas pada Tahun Pelajaran 2020/2021 ini sudah menerapkan Kurikulum 2013 bagi siswa kelas I sampai dengan VI di SD Negeri 4 Cirahab Kecamatan Lumbir Kabupaben Banyumas.

Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum SD Negeri 4 Cirahab Kecamatan Lumbir Kabupaben Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran melalui kegiatan workshop/IHT dengan berpedoman pada regulasi pemerintah terkait dengan adanya berbagai revisi sebagai upaya penyempurnaan.  Kurikulum 2013 ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi baru dan juga sebagai penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan juga sebagai warga negara yang beriman, kreatif, produktif, inovatif, dan afektif serta mampu dan juga dapat berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan juga peradaban dunia.  Dokumen kurikulum 2013 berperan penting dalam mewujudkan keunggulan mutu lulusan yang yang diharapkan bisa beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, yang memiliki pengetahuan dan juga keterampilan, kesehatan jasmani dan juga rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab, kebangsaan dan kemasyarakatan, sebagaimana tujuan Pendidikan Nasional.

MUATAN KURIKULUM SDN 4 CIRAHAB

1. Mata Pelajaran

Muatan Nasional, Muatan kurikulum pada tingkat nasional terdiri dari kelompok mata pelajaran A dan juga kelompok mata pelajaran B. (Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan juga Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah).

Muatan Kurikulum pada Tingkat Daerah, Muatan kurikulum pada tingkat daerah yang dimuat juga dalam KTSP terdiri atas sejumlah bahan kajian dan juga  pelajaran dan mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah tersebut. Penetapan muatan lokal didasarkan pada kebutuhan dan juga kondisi setiap daerah, baik untuk provinsi maupun juga kabupaten/kota. Berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor 423.3/14995 tentang Kurikulum mata pelajaran Muatan Lokal mata pelajaran Bahasa Jawa. Muatan Lokal Bahasa Daerah ( Bahasa Jawa) merupakan muatan lokal wajib pada semua jenjang dan tingkat pendidikan.

2.  Muatan Lokal

Muatan lokal adalah muatan kekhasan satuan pendidikan berupa bahan kajian dan pelajaran dan mata pelajaran muatan lokal serta program kegiatan yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan berdasarkan hasil musyawarah dengan Komite Sekolah serta orang tua peserta didik, muatan kekhasan satuan pendidikan di SD Negeri 4 Cirahab Kecamatan Lumbir Kabupaben Banyumas adalah Budaya Banyumasan.

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

Posting Komentar