Jumat, 26 November 2021

Media Roda Hitung dalam Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan

    Pada tingkat Sekolah Dasar mata pelajaran matematika diberikan untuk mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dalam membantu menyelesaikan permasalahan kehidupan seharihari. Menurut Susanto (2014) berhitung adalah kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan dan karakteristiknya. Kegiatan berhitung bilangan pada mata pelajaran matematika dikenal dengan beberapa operasi. 

Operasi matematika ini meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bagi siswa SD operasi bilangan yang harus terlebih dahulu dipahami sebagai dasar dari perhitungan adalah operasi penjumlahan dan pengurangan (Soesilowati, 2011). Matematika di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang menjadi salah satu pondasi pendidikan bagi siswa. 

Menurut Setyono (2007), pembelajaran matematika pada anakanak terutama pada anak usia dini sangat berpengaruh terhadap keseluruhan proses belajar di tahun-tahun berikutnya. Jika konsep dasar yang diletakkan kurang kuat atau anak mendapatkan kesan buruk pada perkenalan pertamanya dengan matematika, maka tahap berikutnya akan menjadi masa-masa sulit dan penuh perjuangan. Hakikatnya, pembelajaran matematika harus lebih menarik agar siswa merasa aktif dalam memahami materi yang disampaikan. 

Keberhasilan peserta didik dalam memahami materi ditentukan oleh ketertarikan peserta didik, ketertarikan ini salah satunya ditentukan oleh penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran (Muchith, 2008). Dalam praktik pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 4 Cirahab, materi yang dipelajari siswa baru sebatas penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 20. Kendala yang ditemukan adalah beberapa siswa masih bingung angka. Anak sudah bisa membilang sampai 20 tetapi masih bingung dalam penulisan dan pembacaan angka. 

Setelah mencoba berbagai metode dan media, akhirnya ditemukanlah media pembelajaran yang saya sebut sebagai “Roda Hitung”. Roda hitung berbentuk seperti jam dinding yang dibagi dan disekat menjadi 21 bagian. Pada setiap bagian diberi penomoran dan ditulis runtut seperti jam dinding, namun dimulai dari angka 0 sampai dengan angka 20. Cara penggunaan media tersebut adalah diputar searah jarum jam. Ketika menghitung operasi penjumlahan, maka penghitungan diarahkan sesuai angka dalam soal. 

Dan ketika akan ditambahkan sesuai angka dalam soal, maka penghitungan akan dilanjutkan searah jarum jam. Sampai berhenti pada hasil akhir penjumlahan. Sedang saat menghitung operasi pengurangan, maka penghitungan awal diarahkan searah jarum jam dan tepat berhenti sesuai angka dalam soal. Lalu saat akan dikurangkan, penghitungan diarahkan mundur kebalikan dengan arah jarum jam. Sampai berhenti pada hasil akhir pengurangan. 

Ada beberapa manfaat yang akhirnya bisa didapatkan sekaligus dalam penggunaan media roda hitung tersebut. Siswa dapat menemukan hasil penjumlahan dan pengurangan tanpa khawatir dalam salah ucap bilangan atau melompati salah satu angka. Siswa sambil menemukan angka sekaligus membilang angka dengan runtut. Siswa sekaligus menghafalkan angka dalam setiap penghitungan. Selain mempermudah penyampaian materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. 

Media roda hitung ini juga dapat digunakan dalam penyampaian materi bentuk bangun datar. Dapat juga digunakan sebagai dasar perkenalan awal siswa dengan jam dinding dan arah laju jarum jam. Demikian pemaparan media roda hitung yang saya temukan sebagai cara untuk mempermudah penyampaian materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 4 Cirahab. Semoga dapat bermanfaat bagi berbagai pihak.

Sumber: Jatengpost

            : Puspita Sari, S.Pd

Tags :

SDN 4 CIRAHAB

KI HAJAR DEWANTARA

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SD Negeri 4 Cirahab
  • : 13 Februari 1980
  • : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
  • : sdn4cirahab@gmail.com
  • : 087878789224

2 Reviews: