Jadwal Asesment Kompetensi Minimum (AKM) SDN 4 Cirahab
Apa itu AKM?
Pengertian dari Assessment Kompetensi Minimum (AKM)
Assessment Kompetensi Minimum (AKM) yaitu penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan bagi semua peserta didik untuk bisa dan mampu mengembangkan kapasitas diri dan juga bisa berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur dalam kegiatan Assessment Kompetensi Minimum (AKM) yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan juga pada numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, dan keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya, serta keterampilan memilah serta mengolah berbagai informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan bisa diselesaikan oleh peserta didik menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.
Literasi membaca bisa didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami,mengevaluasi menggunakan, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Numerasi yaitu kemampuan untuk berpikir menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Siapa saja yang mengikuti AKM Nasional?
1. Siswa
Untuk persekolahan peserta adalah sampel siswa Kelas 5, 8, dan 11 (dipilih secara acak).
Untuk pendidikan kesetaraan peserta adalah warga belajar kelas 6, 9, 12 yang memerlukan.
Setiap peserta mengerjakan AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
2. Guru
Semua guru bisa mengerjakan Survei Lingkungan Belajar secara mandiri.
3. Kepala Satuan Pendidikan
Semua kepala satuan pendidikan bisa mengerjakan Survei Lingkungan Belajar secara mandiri.
Tujuan Asesmen Nasional
Literasi membaca dan numerisasi adalah kompetensi minimum bagi peserta didik untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat.
Meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.
Mengembangkan potensi murid secara utuh.
Asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap, nilai (values), dan perilaku yang mencirikan Pelajar Pancasila.
Hasil Asesmen Nasional perlu digunakan untuk diagnosis masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan.
Penggunaan Hasil Asesmen Nasional
Pemetaan mutu sistem pendidikan
Hasil Assessment Kompetensi Minimum (AKM) 2021 tidak digunakan untuk menilai prestasi peserta didik ataupun kinerja guru dan sekolah.
Laporan hasil Asesmen Nasional 2021 diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran.
Murid, orangtua, guru dan sekolah tidak perlu cemas dan tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Asesmen Nasional.
JADWAL ANBK HARI SENIN LITERASI |
Tags : Pengumuman
SDN 4 CIRAHAB
KI HAJAR DEWANTARA
- " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
- " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
- " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )
- : SD Negeri 4 Cirahab
- : 13 Februari 1980
- : Cirahab Rt03/04 Kec. Lumbir
- : sdn4cirahab@gmail.com
- : 087878789224
Posting Komentar